A. Mengenal Email
Electronic Mail (Email) adalah salah satu fasilitas atau aplikasi yang
paling banyak digunakan dalam internet. Konsep dasar email mirip dengan
surat pos biasa. Pengiriman surat konvensional membutuhkan waktu lama.
Berbeda dengan pos,email akan dikirimkan secara elektronik dalam waktu singkat jika tidak ada gangguan.
1. Jenis-jenis Email dan cara mendapatkannya
a. Pop
mail (Post Office Protocol) merupakan tipe email yang memungkinkan
pembacanya tidak harus online/terhubung ke internet. Pengiriman Pop mail
menggunakan protocol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Untuk memeriksa emaildi server Pop mail, kamu harus connect ke
server Pop mail kemudian men-download semua email yang ada. Setelah itu
kamu bisa memutuskan koneksi internet dan membaca email tersebut di
komputermu.
Kelebihan menggunakan layanan email berbasis Pop3:
1. Email yang telah masuk kedalam komputer lokal dapat dibaca secara offline.
2. Menggunakan email berasis Pop3 dapat mengurangi lama akses internet. Akibatnya, biaya akses internet dapat dikurangi
3. Pengarsipan
email jauh lebih mudah dan aman. Hal ini disebabkan pengelolaan email
dilakukan pada komputer anda sendiri, bukan pada komputer server
4. Kapasitas penyimpanan email tergantung pada kapasitas hardisk anda.
Kelemahan email berbasis Pop3 :
1. Memerluhkan perangkat lunak tersendiri. Contohya : Outlook Express, Eudora Mail, Muut
2. Email
anda hanya dapat diakses menggunakan komputer yang telah terinstal
email client. Artinya, anda tidak dapat memeriksa email dari sembarang
komputer
b. Email Berbasis Web
Email ini merupakan email yang banyak ditawarkan oleh berbagai situs seperti : Yahoo, Google, Hotmail.
Kelebihan email berbasis web yaitu :
1. Diberikan secara gratis (hanya butuh koneksi internet).
2. Kita dapat membuka email dari mana saja kita berada.
3. Tidak memerlukan email client.
4. Kapasitas penyimpana email anda tergantung pada kapasitas server
Kelemahan email berbasis web yaitu :
1. Membutuhkan biaya koneksi internet.
2. Saat mengakses email sambungan internet tidak boleh terputus, karena email hanya bisa diakses secara online.
3. Email menjadi sulit untuk diarsip. Hal itu karena email berada pada komputer server
4. Jika server mengalami masalah, email anda dapat rusak atau bahkan hilang begitu saja.
c. Email Forwarding
Email forwarding adalah layanan email yang meneruskan email yang
diterimanya ke alamat email kita yang lain. Email ini bermanfaat untuk
orang yang suka sering berganti alamat email.
Kelebihan email forwading :
1. Kita dapat menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya
2. Bila kita mengganti alamat email, kita cukup memberitahu email forwadingnya
Kelemahan email forwarding :
1. Dalam
mengecek email harus selalu terhubung dengan internet, karena sifatnya
hanya sebagai perantara dan harus meneruskan email yang diterima
kealamat yang lain.
2. Email ini membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke alamat email yang sesungguhnya.
d. Cara Mendapatkan Email
1. Melalui penyedia email gratis
Cara
ini merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan email. Anda tinggal
masuk pada situs yang diinginkan kemudian mengisi formulir pendaftaran
dan anda akan mendapatkan email secara gratis dari situs tersebut.
2. Melalui ISP (Internet Service Provider)
Cara ini umumnya disediakan oleh ISP anda, khususnya pada saat anda mendafarkan ke ISP tersebut
3. Melalui perusahaan
Email
ini diberikan oleh perusahaan tempat anda bekerja, ciri khas dari email
ini adalah alamat emailnya memiliki identitas dari perusahaan tersebut.
4. Memesan sendiri
Cara
ini adalah untuk mendapatkan alamat email khusus yang dapat anda
tentukan sendiri, antara lain nama domainnya, identitas, dan fasilitas
dari email anda tersebut. Untuk itu anda harus memesan domainnya
terlebih dahulu. Pada saat memesan, otomatis anda akan membayarnya
setiap bulan. Email berdasarkan cara pembayarannya dapat dibedakan
menjadi 2 yaitu email berlangganan dan email gratis.
· Email
berlangganan : email yang secara otomatis sudah mendapatkan account
apabila kita telah terdaftar atau berlangganan ke salah satu provider
ISP
· Email
gratis : apabila kita berhubungan dengan internet melalui Telkomnet
Instan atau melalui jasa warnet, maka kita harus membuat account email
ke salah satu provider yang menyediakan email gratis
2. Cara Kerja Email
Email dikirim oleh jaringan internet berupa mail server. Untuk dapat mengirim atau menerima email, anda harus memiliki account pada suatu server yang berada pada ISP.
Email dikirim oleh jaringan internet berupa mail server. Untuk dapat mengirim atau menerima email, anda harus memiliki account pada suatu server yang berada pada ISP.
3 Pengalamatan Email
Alamat
email terdiri dari tiga bagian, yaitu identitas pengguna, tanda @
(dibaca : at) yang berarti “lokasinya di” , dan nama domain tempat email
pengguna tersebut berada.
Untuk
mengirim atau menerima surat elektronik, pemakai perlu menggunakan
perangkat lunak email semacam Eudora, Outlook Express, Knail. Alternatif
yang lain adalah meggunakan email berbasis web yang ditawarkan oleh
berbagai portal seperti Yahoo dan Lycos.
Hal yang perlu diperhatikan dalam pengiriman email :
a. Terdaftar salah satu penyedia email, misalnya ISP/provider atau pada website tertentu yang menyediakan fasilitas email.
b. Alamat dan tujuan dari surat yang akan dikirim.
c. Isi surat.
Agar dalam pengiriman surat sampai ke tempat tujuan dengan benar, pengalamatan email mempunyai bentuk dasar sebagai berikut :
a. sinar_mandiri_penerbit adalah nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (usename) yang ingin dituju dalam mailserver.
b. Yahoo.com yaitu nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rinciannya sebagai berikut :
1.) .co : second level domain, menunjukkan bahwa domain ini termasuk kategori komersial
2.) .id : top level domain, menunjukkan bahwa domain ini terdaftar di otoritas domain Indonesia.
Penulisan antar user ID dan host dipisahkan dengan @ (dibaca : at)
B. Mengenal Email Berbasis Web
Gmail
(Google Email) merupakan penyedia layanan email gratis milik Google.
Untuk menggunakan gmail.com, anda harus mengunjungi situs www.gmail.com
1. Cara Membuat Email
1.) Aktifkan web browser, lalu ketik www.gmail.com pada address bar, kemudian tekan Enter pada keyboard.
2.) Klik Buat Akun.
3.) Isi formilir dengan lengkap.
4.) Setelah semua form diisi dengan lengkap, Masukan kode captcha sesuai gambar yang muncul.
5.) Tandai pada pilihan I agree to the Google terms of service and Privacy Policy
6.) Klik tombol I accept Create My Account (Saya menerima, buat akunku).
7.) Jika email yang anda buat berhasil, pada layar monitor akan muncul halaman email anda.
2. Membuka Email
1.) Buka web browser lalu ketik alamat URL Gmail www.gmail.com , hingga tampil halaman depan Gmail. Masukan Username dan Password lalu klikSign in.
2.) Jika Username dan Password benar, maka akan tampil inbox anda.
3.) Untuk membuka atau membaca email yang masuk klik pada judul emailyang ditunjukkan oleh teks yang berwarna biru.
3. Membuat dan Mengirimkan Email
1.) Sign In terlebih dahulu untuk membuka email
2.) Setelah anda dapat membuka email, lalu klik tombol Compose Mail hingga tampil jendela pembuatan mail
3.) Ketikkan alamat email penerima dan subjek/judul dari email yang akan anda kirim. Kemudian ketikkan isi surat email
Keterangan :
· To : diisi dengan alamat email tujuan, , missal ekopurworejo@gmail.com. Dapat juga mengirim lebih dari satu alamat email yang dipisahkan dengan tanda koma (,)
· CC (Copy Carbon) :
diisi dengan alamat email dari orang yang perlu menerima tembusan email
yang dikirim. Daftar alamat email ini akan muncul, sehingga penerima
tahu siapa saja yang menerima email tersebut. Kolom ini dapat
dikosongkan.
· BCC (Blind Copy Carbon) : diisi dengan alamat
email dari orang yang perlu menerima tembusan email yang dikirim, namun
alamat email tidak akan ditamapilkan sehingga penerima tidak tahu siapa
saja yang menerima email tersebut. Kolom ini dapat dikosongkan.
· Subject : diisi dengan judul, maksud, atau tema surat yang akan dikirim.
4.) Bila telah selesai klik Send untuk mengirim pesan tersebut.
5.) Bila pengiriman email berhasil, maka akan ada pemberitahuan bahwa email sudah dikirim.
4. Melampirkan File
1.) Pada halaman email, klik Compose Email, ketik tujuan email dan topiknya.
2.) Jika ingin menambahkan lampiran (attachment), klik browse dan pilih file yang akan anda lampirkan.
3.) Setelah memilih file yang akan di lampirkan, klik .
5. Men-download File Attachment
1.) Bukalah email yang mempunyai lampiran file.
2.) Untuk Men-download file, klik tulisan Scan and download yang ada samping gambar. Kemudian akan muncul kotak dialog, pilh Save File untuk menyimpan file tersebut atau pilih open with agar file dapat langsung terbuka begitu proses download selesai
C. Menggunakan Email Berbasis POP3
Email berbasis POP3 memungkinkan user untuk bisa Men-download semua
isi email ke hardisk melalui progam email client. Dengan cara ini
penggunaan email lebih mudah karena user bisa membaca email,
mengelompokkan email ke dalam folder baru, menyimpan nama kontak tanpa
perlu online. Ketika anda mengirim email, anda bisa menulis email dan
mengatur attachment.Sementara
itu email client akan otomatis menyimpan email anda dan mengirimkan
ketika computer anda sudah online. Untuk menggunakan email berbasis POP3
harus diatur konfigurasinya.
Langkah – langkah konfigurasi email POP3 pada Microsoft Outlook 2007 :
1.) Aktifkan MS.Outlook 2007
2.) Klik Tools| Email Acounts
3.) Klik menu Add new email account, lalu klik Next.
4.) Kemudian akan muncul tampilan jendela, klik POP3 lalu klik Next.
5.) Setelah itu akan muncul kotak dialog, silahkan isi forum dengan akun email anda tersindiri.
6.) Sebelum klik Next, terlebih dahulu klik tombol More Setting dan isikan data pada kolom yang ada pada halaman Advance.
7.) Klik OK, kemudian Finish. Sekarang anda dapat membuka akun Gmail anda melalui Ms.Outlook 2007
D . Etika Mengirim Email
1. Tidak Sembarang Menguntip
Fasilitas
‘Reply’ pada sebagian besar progam Mailer biasanya akan menguntip pesan
asli yang aslli yang anda terima secara otomatis ke dalam isi surat
anda. Jika harus menguntip pesan seseorang dalam jawaban email, usahakan
menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya menggunakan
bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya menggunakan bagian-bagian yang
relevan saja.
2. Menghormati Privacy Orang Lain
Jika
seseorang mengirim informasi kepada anda secara pribadi, anda tidak
sepatutnya mengirim ke forum umum, seperti kelompok grup atau mailing
list. Email pada dasarnya alat komunikasi personal.
3. Gunakan Subjek yang Sesuai
Menggunakan subjek atau judul yang sesuai memudahkan penerima email menangkap informasi yang kita sampaikan.
4. Jangan Gunakan Huruf Kapital
Dalam
tata karma berkomunikasi secara tertulis semperi dengan email/chat,
penggunaan huruf besar biasanya dianggap berteriak/bernada tinggi.
Sehingga akan mengakibatkan kesan yang kurang baik bagi penerima pesan.
5. Jangan memakai CC
Jika
anda ingin mengirim email ke sejumlah orang sekaligus jangan cantumkan
nama-nama pada kolom CC, karena semua orang yang menerima email anda,
akan bisa melihat alamat dari nama yang anda cantumkan di CC. Umumnya
orang tidak suka jika alamat emailnya dibeberkan di depan umum.
6. Jangan Gunakan Format HTML
Jika anda tidak yakin bahwa progam email rekan anda bisa memahami/membaca kode HTML atau tidak, setidaknya gunakan plain text.
yo tau yang punyo email ko :D email kita dongk kakak :V
BalasHapusterimakasih infonya reza
BalasHapusinfo ny bermanfaat :)
BalasHapussipp infny
BalasHapuscoba deh sis masukin tips buat ninggiin badan
BalasHapusok sist
BalasHapussiip
BalasHapusThanks sist
BalasHapusmakasih infonya sis
BalasHapusmantap.. thanks sist infonyo
BalasHapusUdh d blas nih commen ny sist hahaha...
BalasHapus